| Highlight

C Channel X Shiseido

Shiseido dan C Channel mengadakan konferensi pers pada tanggal 11 Oktober 2017 dan bertempat di kantor C Channel, Tokyo, untuk mengumumkan perilisan produk pewarna rambut baru pada tanggal 20 Oktober 2017. Produk ini akan dipromosikan melalui video influencer yang platformnya disediakan oleh C Channel, dan akan ditawarkan kepada wanita berusia antara 10 sampai dengan 20 tahun yang sering menggunakan e-Commerce. Produk terbaru Shiseido ini bernama “S Chalk Palette” yang memiliki 5 pilihan warna, dengan harga produk senilai 1058 Yen (sekitar Rp125.000,-) dan akan dijual di situs pembelanjaan online C Channel.

Presiden Shiseido, Masahiko Uotani, pada saat konferensi pers di hari yang sama berkata, “Dengan kerjasama ini, saya ingin membuat interaksi dengan generasi muda melalui pendekatan kerjasama kreatif dengan C Channel dan menciptakan nilai tambah baru pada produk kami”. Akira Morikawa, Presiden C Channel Jepang juga mengatakan, “Kami ingin membuat produk yang tidak hanya untuk Jepang, tetapi juga untuk Asia, Eropa, dan Amerika”.

C Channel mengembangkan aplikasi video distribution yang didukung oleh wanita generasi muda. Di dalam video C Channel, model yang terkenal dan influencers memperkenalkan berbagai cara make-up dan tata rambut. Setiap bulan video C Channel diputar sebanyak 600 juta kali. Tahun lalu, C Channel Jepang juga telah memasuki dunia bisnis e-Commerce.

Onword Holdings (HD), yang bekerja sama dengan C Channel sebelumnya untuk e-Commerce, juga menjual barang-barang serupa melalui pemesanan produk via situs. Shiseido dan C Channel juga berencana untuk merancang produk kosmetik bersama seperti perawatan kulit dan make-up, “Saya ingin mengejar berbagai kemungkinan mengenai kerja sama dengan C Channel ini” (Presiden Uotani).

Tahun lalu, Shiseido meluncurkan merk “Playlist” yang didedikasikan untuk e-Commerce (EC) yang berpusat pada make up. Pada bulan November tahun ini, Shiseido berencana untuk meluncurkan merek “Recipist” yang hanya dapat dibeli dengan e-Commerce sesuai dengan fokus utama untuk pengembangan produk e-Commerce secara online.

Produk barang kebutuhan sehari-hari lainnya selain Shiseido juga telah memperkuat lini bisnis e-Commerce mereka. KAO mulai menjual merek kosmetik utama “Sofina” secara online. Musim panas ini, Lion telah merilis produk eksklusif untuk pemesanan melalui situs Ali Baba, perusahaan e-Commerce terbesar di China.